• 5 Tips Pintar Membeli Apartemen

  • Selasa 05 Juni 2018, 13:20 WIB
  • Sumber: fpl.com

    Anda sudah menentukan apartemen mana yang akan dibeli? Sebelum membelinya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips pintar sebelum membeli apartemen. 

    1. Pakai sendiri atau investasi?

    Tentukan apakah Anda membeli apartemen tersebut untuk ditinggali atau dijadikan investasi. Jika Anda ingin membeli untuk dijadikan tempat tinggi, pastikan apartemen tersebut layak untuk ditinggali. Tetapi, jika Anda membelinya untuk berinvestasi, carilah yang nilai pengembaliannya besar.

    1. Punya dana berapa?

    Sebelum membeli apartemen, hitunglah dengan pasti berapa yang rupiah yang harus Anda keluarkan. Jangan tertipu dan salah hitung karena banyaknya promo dan diskon. Jika perlu, tanyakan dengan detail berapa biaya yang perlu anda keluarkan setiap bulannya.

    Hal selnajutnya sebelum membeli adalah melihat berapa uang muka yang perlu Anda sediakan. Pastikan juga biaya-biaya tambahan yang mungkin juga menjadi tanggungan Anda seperti KPR, BPHTB, dan biaya-biaya lainnya. Cicilan

    1. Pemilihan lokasi

    Jika diperuntukkan sebagai tempat tinggal, pilihlah lingkungan yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Beberapa tempat tinggal memberikan kemudahan akses. Hal tersebut tergantung Anda sendiri, lebih membutuhkan tempat yang dekat dengan tempat kerja, dekat dengan tempat rekreasi, atau dekat dengan sanak keluarga.

    Selain itu, tidak ada salahnya memilih lokasi yang dekat dengan sarana transportasi umum. Pilihlah hunian yang cukup dekat dengan stasiun kereta api ataupun halte busway. Sehingga Anda tidak perlu tergantung untuk  menggunakan transportasi pribadi.

    1. Jangan sampai salah pilih unit

    Apartemen memberikan beberapa pilihan unit. Pilihlah unit yang Anda butuhkan. Jangan sampai unit yang telah Anda pilih tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Binggung dengan jenis unit yang ada di apartemen? Baca: Ini loh Tipe Apartemen yang Cocok untuk  Anda yang Sudah Berkeluarga dan yang Belum

    Anda juga perlu memperhatikan unit tertentu dengan diskon khusus. Terkadang, ada kemungkinan unit tersebut memang sulit terjual sehingga diberkan berbagai diskon khusus.

    Tidak hanya itu, dengan berbagai pilihan unit, tentunya akan mempengaruhi pengeluaran Anda. Pertimbangkan juga kebutuhan Anda 10 tahun kedepan.

    1. Siapa pengembangnya

    Sebelum memutuskan untuk mengambil unit apartemen tersebut, ada baiknya jika Anda memeriksa rekam jejak developoernya. Anda perlu berhati-hati dengan developer yang kurang dikenal. Tidak hanya itu, waspadai juga dengan developer dengan proyek perdananya.

     


Iniloh, Untung Rugi Investasi Emas dan Properti
Tinggal di Apartemen? Berikut Tanggungan per Bulan yang Harus Anda Bayarkan
Seperti Ini Ramalan Bisnis Properti Menurut Starhome
  • Tentang Kami
  • Advertise with us
  • Kontak
  • FAQ
  • Kebijakan & Privasi
  • DOWNLOAD STAR HOME APPS