• Tips Membeli Hunian Bersubsidi

  • Selasa 28 Agustus 2018, 10:44 WIB
  •  

     

    Photo : Mutiara Puri Harmoni ( tanya starhome untuk info lebih lanjut )

    Membeli rumah sendiri adalah sebuah idaman bagi para keluarga muda. Sebab tinggal di “perumahan mertua indah” tentu saja tak nyaman bagi sebuah keluarga baru. Namun kendalanya, ada banyak pasangan muda yang tak mempunyai dana berlebih untuk membeli rumah. Apalagi kalau rumahnya berada di kawasan strategis di Jakarta.

    Karena itu dalam beberapa tahun terakhir pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun perumahan murah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), terutama melalui KPR subsidi. Pemerintah berharap pemberian KPR bersubsidi dapat membantu menyelesaikan problem penyediaan rumah untuk rakyat.

    Maka tak heran kalau saat ini, pemerintah mulai membangun sejumlah rumah susun sebagai alternatif program rumah subsidi. Perumahan susun ini diharapkan akan menjadi solusi bagi masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan hunian yang layak, dengan harga yang murah dan tentu kualitas nggak jelek-jelek banget, kalau bisa yang baik.

    Bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah susun bersubsidi tersebut, sebaiknya memperhatikan beberapa tips membeli rumah subsidi, perlu juga memperhatikan hal-hal berikut ini.

    Langkah pertama, jangan mudah tertipu oleh janji-janji pengembang. Sebab sering kita mendengar atau membaca berita soal sejumlah konsumen apartemen ataupun perumahan yang kecewa karena property yang dibeli tak kunjung dibangun. Padahal promosinya gila-gilaan. Jadi sebaiknya sebagai konsumen kita bijak dan jangan tertipu oleh tampilan brosur atau iklan yang keren. Karena itu, Anda harus langsung mengunjungi lokasi rumah/aparteman subsidi yang ingin Anda beli. Periksa dengan seksama, sebab menyesal kemudian tentu tak ada gunanya.

    Langkah kedua, pastikan akses jalan menuju lokasi memadai. Sebab banyak sekali hunian murah meriah (mumer) yang lokasinya jauh sekali dari tempat kerja atau tempat tinggal Anda saat ini. Sudah jauh, jalan akses menuju ke sana juga tidak ada. Sehingga lengkaplah sudah penderitaan kita kalau membeli hunian macam ini. Alangkah baiknya, Anda memilih hunian yang dilalui oleh sejumlah transportasi publik seperti busway atau kereta api. Sehingga Anda pun bisa sampai ke tempat kerjaan tepat waktu tanpa bermacet-macet ria.

    Langkah ketiga, pastikan kondisi air dan pembuangan limbah lancar. Ada kalanya banyak penghuni apartemen ataupun perumahan yang mengeluhkan kondisi suplai air yang jelek di huniannya. Airnya seperti lirik sebuah lagu, yakni putus nyambung, putus nyambung. Cape kan kalau punya rumah tapi tak ada fasilitas untuk mandinya. Jadi pastikan rumah atau hunian Anda itu punya kondisi air yang bagus. Dan yang tak kalah penting adalah pembuangan limbah cairnya, ada kalanya pengembang kurang memperhatikan masalah pembuangan ini. Sehingga dalam beberapa tahun saja saluran pembuangan di hunian itu sudah bermasalah. Karena itu pastikan juga bahwa masalah pembuangan limbah ini tak bermasalah, paling tidak dalam jangka waktu yang panjang (sekitar 5 tahun baru bermasalah).

    Langkah keempat, pastikan juga jaringan listrik dapat terpasang baik ketika Anda akan menghuni apartemen ataupun rumah itu. Sebab ada kalanya, tak semua rumah atau apartemen langsung memasang jaringan listrik, sehingga hal ini pasti akan menyulitkan Anda di kemudian hari. Maka pastikan benar instalasi dan jaringan listriknya bisa terpasang dengan baik ketika Anda sudah siap tinggal di sana.

    Kelima pastikan manajemen kebersihan lingkungannya juga tersedia. Ada sejumlah pengelola apartemen atau rumah susun yang tidak menyediakan pengelola kebersihan gedung dan memberikan pengelolaan kebersihan kepada penghuni. Sehingga dalam waktu singkat apartemen atau rumah susun itu akan terlihat kumuh. Sebisa mungkin pastikan bahwa pengelolaan kebersihan lingkungan hunian Anda tertata dengan rapi. Sebab Anda tentu tidak mau tinggal di lingkungan yang jorok dan kumuh, bukan?

    Demikianlah berbagai tips membeli hunian bersubsidi yang dapat Anda pertimbangkan. Lebih baik agak cerewet dalam memilih hunian di awal-awal, daripada hal ini membuat Anda stress di kemudian hari. Jadi silakan berburu hunian subsidi. ()

     


Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen
Tinggal di Apartemen? Berikut Tanggungan per Bulan yang Harus Anda Bayarkan
Rumah Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah
  • Tentang Kami
  • Advertise with us
  • Kontak
  • FAQ
  • Kebijakan & Privasi
  • DOWNLOAD STAR HOME APPS